Monday 22 June 2015

PETASAN

Assalamualaykum....
hari ini udah masuk hari ke 5 Ramadhan, gimana puasa temen2..? mudah2an lancar semua ibadahnya yaa
Saat Ramadhan seperti ini didepan rumah saya rame banget yang jualan. secara rumah saya ama jalan raya cuma 10 meteran lah. hampir segala rupa ada, mulai dari makanan, itu bererot dari ujung ke ujung sisi kanan dan kiri.minuman, mau es campur, es teler, es buah, es kelapa,jus buah, es krim.
butuh hiburan? ada toko dvd yang filmnya bagus,maksudnya gambarnya ori gituh *bukan promo* apalagi ya? yaah...pokoknya banyak laah.
sayangnya...saya keganggu sama suara petasan. ngga siang, sore apalagi malem, kalo mau keluar rumah trus ada petasan, rasanya pengen banget njitak yang bakar petasan *mgeretekin jari*
iya siih..emang bukan pake duit saya juga mereka belinya. tapi sumprit..! ngeganggu banget !
anak anak saya,ngga ada yang hobi maen petasan. emang ngga saya biasain dari kecil. selain bising saya juga ga suka sama harganya *emak pelit*
dan saya bersyukur untuk itu :)
iseng, saya nanya sama tukang gado2 yang saat puasa gini beralih profesi jadi dagang petasan.
"itu berapa mba? gede banget" sambil nunjuk ke deretan batang yang paling besar.
"itu 100 ribu mba..."
wow...kaget saya. mahal ajah.ketauan banget kupernya sampe ga tau harga petasan *penting padahal*
" Nanti malem baru dikirim yg 300ribu loh mba..yang bagus itu, suaranya kenceng dan lama.." lanjutnya promosi, seolah tau kekagetan saya.
saya senyum2 aja sambil manggut2, dalam hati ngenes banget, uang ratusan ribu cuma buat petasan yang bikin bising dan telinga pekak.
entah petasan atau kembang api, buat saya mah sama wae. judule meledak juga.meski ada keindahan warna percikan apinya, yang cuma sesaat. mending dibeliin beras yaaa, bisa kenyang sekeluarga *maklum emak2
si bungsu khei, malah takut banget kalo ada petasan. sampe nangis kalo tuh petasan ga berhenti2. pernah waktu tahun baru dia kebangun tepat saat pergantian tahun. kalo kakak2nya seneng lihat kembang api meledak di udara, khei malah milih ngetek dalam pelukan emaknya sambil mewek.
bersyukur banget, punya anak yang ngga doyan maen petasan. iya..untuk yang itu saya emang pelit, selain ga ada mfaatnya, sudah terlihat jelas bahayanya. mending dibeliin yang laen gituh.
dibilang ga sayang anak? aiih...sayang anak bukan dijejelin petasan keuleus.. kasih aja mainan yang ga berbahaya. banyak kok.
eeh...tapi itu mah opini saya aja siih. kalo ada ortu yang punya pemikiran beda ama saya ga masalah. toh beli petasannya bukan pake duit saya juga kan yak...? ^_^
cuma mau pesen aja...kalo anaknya atau anak tetangga mau maen petasan mending suruh bakar di lapangan, jangan dijalan, apalagi dibawah tiang listrik. atau yg lebih parah didepan rumah orang laen. kalo ga ada lapangan,nyalain petasannya dirumah sendiri yaaa....^_^

7 comments:

  1. Setuju mba :)
    Kadang terganggu sama suaranya, mau marah gimana, mau di diemin bisa bisa jantungan hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba amy...iya, udah dibilangin malah kyk sengaja mainnya....elus dada ajah..hehe

      Delete
  2. Malah ada yg suka ngelempar petasan mak...
    Bahaya kan...
    Kalau udh bgini bukan main namanya, bikin celaka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak inda...makin seneng nakutin orang...

      Delete
  3. hu'um bunda....
    punya saya malah lebih parah, orangtuanya yang main bareng anak-anak depan rumah. Berpetasan ria seolah tak peka bahwa banyak yang merasa terganggu.
    Tiap hari kita maem jengkol aja dalam hati...., -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...begitulah. didaerah rumah saya jg sama. malah bapaknya yg megangin petasannya. di pinggir jalan raya pula, dan si anak teriak " lagi pak..lagi..." hadeeeh....elus2 perit dah...

      Delete
  4. Tetanggaku ada yang beli petasan ampe habis jutaan mbak...kenapa itu duwit ga dikasiin ke saya aja ya...lebih manfaat hihihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.......

Have a nice day...^_^